Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Hati-Hati, Kurang Aktivitas Rentan Terserang Penyakit

Home / Kesehatan / Hati-Hati, Kurang Aktivitas Rentan Terserang Penyakit
Hati-Hati, Kurang Aktivitas Rentan Terserang Penyakit ILUSTRASI. Berjalan santai bisa menurunkan risiko penyakit. (Foto: The Telegraph)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam usia produktif memiliki banyak aktivitas dapat membantu mencegah serangan berbagai penyakit. Namun sebaliknya, jika kurang aktivitas saat usia produktif Anda bisa menjadi sasaran penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, hipertensi, kolesterol.

"Kurang aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab penyakit tidak menular. Persentasenya sekitar 26,1 persen," 
kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Kartini Rustandi di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Saat ini penyakit tersebut tidak lagi menyasar kepada para manula tetapi sudah menyasar kepada usia 25 hingga 55 tahun. Pola kematian akibat penyakit tidak menular ini mencapai 37 persen pada 1990, sementara pada 2015 meningkat menjadi 57 persen.

Dilansir dari Antara, Kartini menjelaskan delapan dari 10 orang Indonesia kurang aktivitas fisik. Hal ini mengakibatkan tingkat obesitas Indonesia menduduki nomor 10 di dunia. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan aktivitas fisik yang dapat mengeluarkan energi.

Menyadari pentingnya beraktivitas, Kemenkes sudah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk membangun pola hidup sehat. Aktivitas fisik bermanfaat meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, mengurangi risiko kematian dini, meningkatkan kerja otot jantung dan paru.

Mereka yang sering melakukan aktivitas fisik, otot, tulang dan sendinya akan kuat dan fleksibel. Aktifitas fisik juga memberi manfaat dalam penurunan risiko tekanan darah tinggi. (*)

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com